Black Dragon Memoria 1 (BDM 1) Guide

Malam2, setelah memo 1-2 bareng ThaCute, tiba2 hujan deras...
Seketika mati gaya karena modem jadi soak koneksinya...

Karena cuma bisa AFK, saya sekalian blogging menyelesaikan guide memo 1 BDN saja deh...

Black Dragon Memoria 1 (BDM 1) memiliki 3 stage, pertama Hundred Commander Ogre Baopar (kita sebut ogre saja kedepannya ya), kedua Perjuangan berlin membuka barrier, ketiga Engata Chief Umbala (atau yang terkenal dengan sebutan fire mino, kita sebut mino saja untuk kedepannya ya).

Namun yang akan dijelaskan di guide ini hanya stage Ogre dan mino, karena stage berlin cukup mudah untuk dilewati bahkan untuk player yang tidak pernah membaca guide sekalipun.

Ayt, lets cek dis out~

Hundred Commander Ogre Baopar

Pertarungan dengan Ogre berlangsung diatas sebuah jembatan. Map berbentuk memanjang, dengan altar altar berbentuk segi empat tersebar di beberapa titik.

Map pertempuran melawan Ogre Baopar, Jembatan yang memanjang dari posisi saya berdiri
Hingga ujung gerbang.

Yang perlu diperhatikan dari map ini adalah mengetahui titik tengah jembatan. Karena mekanik stage yang muncul memerlukan kesiapan kita untuk berada di tengah map pada saat - saat tertentu.

Titik tengah map, bisa dicapai dengan mengira-ngira, melihat minimap, atau mencari patung kuda ini.
Player yang baru memasuki BDN, gunakan patung kuda ini sebagai titik tengah map agar lebih mudah.

Skill yang perlu diperhatikan:
  1. Dash charge. Menyeruduk kedepan dengan animasi seperti the flash. Damage kecil, namun bisa jadi petaka bila tidak segera minggir, apalagi saat terkena debuff bone crash.
  2. Jump strike. Melompat kemudian menyerang player yang ada di target lokasi lompatan. Damage medium, memberikan debuff bone crash.
  3. Hammer throw. Melemparkan palu ke area tertentu, area akan memiliki efek menghisap dan meledak ledak dengan damage kecil, namun ledakan terakhir berdamage medium. Serangan memberikan debuff slow. Untuk menghindarinya, saat serangan dilakukan, akan muncul animasi lingkaran berwarna merah kekuningan, segera menjauh dari area target.
  4. Hammer attack. Menembakkan palu ke arah depan, membentuk garis lurus. Damage kecil, namun memberikan debuff bone crash.
  5. Combo attack. Menyerang berkali - kali ke arah depan (damage high bila terkena semua serangan). Memberikan debuff slow.
  6. Stomp. Skill dikeluarkan mulai HP Bar X2. Ogre akan menghantam tanah 3x, serangan pertama dan kedua memberikan damage dan area yang kecil, setelah serangan kedua, ogre akan mengumpulkan bola merah diatas kepala, kemudian melakukan serangan ketiga (stomp) dengan damage High dan area 1 Map. Untuk menghindarinya: Nothing but jump !!
  7. Ogre breath. Ogre mengumpulkan energi di mulutnya, kemudian menyemburkannya kedepan. Damage high dan memberikan debuff silent.

Mekanik stage dan strategi party:

-----------------HP Bar x4-------------------

Mayoritas serangan ogre diarahkan kedepan, So, usahakan hit ogre dari samping atau belakang. Healer harus siap cure apabila ada player yang terkena debuff.

Skill hammer throw, area lingkaran warna merah merupakan target serangan.
Segera menjauh, karena akan ada efek menghisap serda ledakan berkali - kali.

Dengan Gear yang memadai (HP 900k++) sebenarnya tidak ada serangan yang berbahaya pada tahap ini.

Yang perlu diperhatikan adalah saat Ogre akan berganti bar dari x4 ke x3. Karena mekanik barikade akan dimulai saat pergantian bar ini.

Mekanik barikade diawali dengan ogre semi-knockback (tidak sampai jatuh) yang memberikan efek clear buff. 2 detik setelahnya, terdapat 2 sekat barikade yang membagi map menjadi 3 bagian.

Saat mekanik ini terjadi, player harus bersembunyi di titik aman, yaitu altar dengan cahaya biru memancar ke langit (altar lainnya terdapat petir merah memancar ke langit). Apabila altar aman tidak berada di tengah, segera hancurkan barikade penghalang untuk mencapai altar (barikade bisa diberikan debuff).

Mekanik barikade muncul, posisi sudah aman di tengah.

Waktu untuk bersembunyi menuju altar yang tepat hanya 10 detik, setelah hitung mundur 10 detik selesai, Ogre akan menyeruduk dan menyapu bersih 1 map.

Kebetulan altar yang aman berada di tengah (dengan aura biru), jadi tidak perlu repot - repot
menghancurkan barikade.. Perhatikan juga hitung mundurnya, tunggu Ogre lewat, baru kembali ke jembatan.

Setelah ogre dan efek ledakannya melewati altar, segera berpindah ke jembatan lagi, karena altar akan disambar oleh petir yang memberikan middle damage serta debuff electrocuted bagi player yang terlambat kembali ke jembatan.

Mekanik ini hanya dimulai setelah Ogre berganti bar dari x4 ke x3, dan akan berulang kembali setiap kurang lebih 1 menit.


-----------------HP Bar x3-------------------

Sama seperti bar sebelumnya, hanya saja mekanik barikade akan terjadi terus menerus setiap sekitar 1 menit sekali.
Silahkan kejar Ogre sampai ke pinggir setelah barikade selesai, namun kira - kira sudah 40 detik berlalu, stand by di tengah map. STAND BY !!!!


-----------------HP Bar x2-------------------

Mekanik masih sama dengan bar sebelumnya.

Pada HP bar x2, Ogre bisa mengeluarkan skill baru, yaitu stomp. Stomp diawali 2 pukulan keras ke tanah. Kemudian Ogre akan mengumpulkan bola merah diatas kepala, yang kemudian dihantamkan ke tanah. Untuk menghindari stomp (hit ketiga) bersiap Jump saat bola merah sudah dibentuk.

Bola merah diatas kepala. Tanda akan stomp. Siap jump !

-----------------HP Last Bar----------------

Mekanik masih sama. Tetap berhati - hati dengan stomp dan usahakan tidak menyerang dari depan Ogre.

Karena pada Last bar, skill Ogre bertambah 1 lagi, dan menyerang bagian depan ogre juga.

Ogre Breath!! menyemburkan napas Ogre kedepan, dengan debuff silent bila terkena skill ini.

Aura merah di mulut Ogre. Ogre's Breath !!!,, segera menghindari dari depan Ogre !

Well, 3 kunci untuk melewati bos pertama dari BDN ini, Jangan di depan Ogre, usahakan ada di tengah map, dan Hindari stomp. Good luck ^_^

Engata Chief Umbala

Setelah berlin membuka seal kedua, pintu menuju ruangan bos kedua terbuka, kita akan menghadapi Engata Chief Umbala di stage ini, atau nama kerennya Fire Mino, kita sebut saja Mino.

Pemahaman Map adalah unsur penting yang menentukan kesuksesan party di stage ini.

Sebelum memulai pertempuran Raid Leader sebaiknya membagi posisi jam saat mekanik bubble berlangsung.
Mekanik bubble adalah mekanik yang terjadi ssetiap Mino berganti bar.

Mino akan teleport ke tengah map dan melakukan hitung mundur 5 detik kemudian melakukan ledakan 1 map.
Akan muncul bubble di arah jam 6 / 7-8 / 9 / 10-11 / 12 / 1-2 / 3 / 4-5 minimap. Bubble akan hancur bila diserang. Bubble yang hancur akan memberikan perlindungan ledakan pada 1 player di dekatnya selama 5 detik.

Posisi munculnya bubble akan seperti ini.

Perhatikan minimap, saya ada di bagian bawah. Apabila Minimap diibaratkan jam dinding
Maka posisi saya ada di Jam 6.
Gambar diatas menunjukkan tempat spawn bubble, Jam 6 / 9 / 12 / 3 ditandai dengan lingkaran, sehingga lebih mudah untuk di-pas-kan, sedangkan bubble lainnya ada diantara lingkaran tersebut.


Perhatikan minimap. Saya ada di bagian atas, maka saya ada di arah jam 12.
Dilihat dari sudut pandang jam 12, maka lokasi jam spawn bubble menjadi seperti ini.

Ketepatan posisi saat mekanik bubble menjadi kunci utama sukses pada stage Mino, karena apabila ada 1 saja player yang Nyasar alias ngawur alias bego, bisa mengakibatkan player lain die.

Map dikelilingi oleh lava yang memberikan damage sangat besar bila diinjak.

Skill yang perlu diperhatikan:
  1. Axe swing. Mengayunkan kapak kedepan. Area serangan sekitar 120 derajat di depan Mino. Memberikan efek clear buff. Dodge ke kanan atau kiri.
  2. Axe Charge. Menghunjamkan kapak ke tanah, kemudian melakukan charge sambil mendorong kapaknya. Damage tidak terlalu besar, namun memberikan efek knockback yang sangat berbahaya apabila terdorong sampai menyentuh lava
  3. Fire Axe Throw. Mino melempar lemparkan kapak keseluruh player, ditandai dengan lingkaran merah di tanah. Player yang terkena akan mengalami knockback dan burn. Untuk menghindari skill ini, cukup dengan bergerak aktif. Namun pada kondisi raid party, kondisi akan menjadi chaos apabila setiap player menghindar secara tidak beraturan. Saya sarankan untuk membuat pola melingkar sambil berjalan mundur saat menghindari skill ini agar tidak mengganggu player yang lain.
  4. Triple swing. Mino menghunjamkan kapaknya kedepan, kemudian kebelakang, kemudian melakukan swing. Efek setiap hit memberikan debuff confuse. Untuk dodge bisa dengan stay di samping kiri atau kanan mino.
  5. Stampede. Melakukan roar, kemudian memanggil 4 ekor mino kecil berlari melintasi map. Player yang tertabrak akan mengalami knockback dan efek burn. Menjadi sangat berbahaya apabila terdorong hingga ke lava.
  6. Stomp. Mino akan melakukan roar. Mengeluarkan Fire Crecent Cleave ke berbagai arah, kemudian melakukan stomp dengan menginjakkan kakinya. Stomp dihindari dengan jump. Namun Fire Crecent Cleave harus dihindari terlebih dahulu agar tidak mengganggu timing jump.
  7. Confuse Run. Skill yang muncul mulai Mino bar x3. Mino akan teleport ke tengah, kemudian melakukan roar yang membuat setiap player confuse dan lari ke arah pinggir map. Confuse dapat dibebaskan dengan memencet AD AD secara cepat. Untuk menyiasati skill ini, segera berlari ke tengah apabila Mino teleport ke tengah, sehingga ada jarak yang cukup untuk melakukan AD AD sebelum menyentuh lava.
  8. Berserk. Muncul saat bar HP x2. You know what this is. Damage up 400%, wohoo!! Pastikan anda membawa class dengan kemampuan remove berserk saat berhadapan dengan Mino (FYI, class yang bisa me-remove berserk adalah Barbarian, Destroyer, Gear Master, dan Shooting Star)
  9. Charging Swing. Muncul saat bar HP x2. Mino akan mengumpulkan energi untuk melakukan swing berkekuatan super di arah depan. Area yang terkena damage ditandai dengan lantai berwarna kuning. Untuk menghindarinya, segera berlari ke arah belakang Mino.

Mekanik stage dan strategi party:

Pastikan spot untuk mekanik bubble sudah dibagi, dan setiap member party memahami dengan baik posisinya.

-----------------HP Bar x4-------------------

Jangan gugup, jangan panik. Haha...
Usahakan untuk meningkatkan kewaspadaan apabila Mino belum cast stomp. Jangan pernah berada dekat dengan Mino apabila stomp belum dikeluarkan, karena apabila terlalu dekat, maka akan kesulitan-bahkan tidak sempat menghindari Fire Crecent Cleave yang dikeluarkan sebelum stomp. Otomatis timing Jump akan terganggu apabila terkena Fire Crecent Cleave.

Saat Mino Roar. Akan muncul api disekeliling yang akan menjadi Fire Crecent Cleave.
Lingkaran kuning adalah Fire Crecent Cleave yang akan terbentuk.
Garis hijau adalah garis aman diantara Fire Crecent Cleave.
Posisikan kita ada di arah yang aman dari Fire Crecent Cleave agar bisa mengatur timing dodge dengan tenang

Aman dari Fire Crecent Cleave. Lantai berwarna kekuningan, tanda akan stomp. Segera Jump !!!

Masing  - masing class memiliki timing untuk Jump yang berbeda- beda. Bersyukurlah class - class yang memiliki skill terbang (MBD milik LK, Sunshine Spark milik LF, dll).

Stampede! Mino kecil akan datang menyeruduk. Lintasan akan ditandai dengan aura garis berapi

Saat akan berganti bar ke x3, bersiaplah di Pos masing - masing yang sudah ditentukan sebelumnya.
Jangan Panik, karena waktu 5 detik sangatlah cukup untuk mencapai post yang telah ditentukan.

Apabila belum terbiasa, posisikan diri di pos apabila HP Bar akan berganti. Biarkan player lain yang sudah lebih berpengalaman yang menyerang mino.

Serang bubble (saran saya cukup dengan klik kanan) saat hitung mundur dimulai.


-----------------HP Bar x3-------------------

Sama seperti sebelumnya, selalu jaga jarak aman agar jangan terlalu dekat dengan Mino sebelum stomp di cast.
Confuse Run mulai dikeluarkan di bar x3. Segera menuju ke tengah apabila mino menghilang dan teleport ke tengah.

Mino teleport ke tengah. Confuse Run!!! segera merapat ke tengah, dan bersiap mekanik  AD AD

Mekanik AD AD, segera lepaskan diri dari Confuse Run !!

Pencet AD AD dengan cepat. Gagal memposisikan diri di tengah akan membuat anda berlari hingga lava (kemudian die), terlalu lambat memencet AD AD juga akan membuat anda berlari hingga lava (juga kemudian die)

Karena adanya skill Confuse Run, saya sarankan agar class dengan kemampuan mempercepat movement speed (Wax, Injection, Spirit Boost) agar amat sangat berhati - hati dalam menggunakan skillnya. Atau sekalian tidak digunakan sama sekali daripada menimbulkan petaka.

Jangan lupa untuk mengulangi persiapan mekanik bubble saat HP bar akan berganti ke x2

-----------------HP Bar x2-------------------

Memasuki bar x2, mino akan menancapkan kapaknya di tengah, membuat seisi lantai map berwarna kuning, kemudian membuat platform lantai aman menyempit.

Saat mekanik ini, kita harus lebih disiplin lagi dalam menjaga jarak. Karena Mino sudah mulai melakukan Charging Swing.

POSISIKAN DIRI AGAR TIDAK TERLALU DEKAT, JUGA TIDAK TERLALU JAUH

Mengapa?
Terlalu dekat = Gagal dodge stomp karena terganggu Fire Crecent Cleave
Terlalu jauh = Tidak cukup waktu untuk mengambil spot aman di belakang Mino saat Charging Swing.

Kuasai class yang anda mainkan, seberpa jauh char tersebut bisa berlari, posisikan diri pada jarak yang tepat.

Pada Bar x2 Mino juga mulai cast berserk, yang membuat attack meningkat sebesar 400%. Fokus untuk dodge sampai Berserk di remove oleh party.
Seriously, fokus dodge, karena 1 hit saat berserk bisa membuat 1 hit KO. Jangan coba - coba mengeluarkan skill yang tidak bisa di cancel atau memiliki efek animasi yang mengganggu view saat Mino sedang berserk.

Sejak bar x2, luas platform aman akan berkurang, sehingga saat Confuse Run, jarak antara tengah map dengan Lava akan semakin menyempit. Saya sarankan bagi player yang movement speednya cukup tinggi untuk mengurangi movement speednya (dengan cara melepas sayap, atau mengganti kostum bagi yang menggunakan rare kostum 7 set)

Charging Swing !! Mino sedang mengumpulkan energi. Tanah di depan mino berwarna kuning menunjukkan area serangan.
Saya sudah aman berada di belakang Mino

Jangan lupa untuk mengulangi persiapan mekanik bubble saat HP bar akan berganti ke Last Bar

-----------------HP Last Bar-----------------

Memasuki Last bar, Mino kembali menancapkan kapaknya di tengah map, dan membuat Platform aman menjadi semakin sempit.

Pola serangan sama dengan Bar x2, namun semakin sempitnya platform aman menuntuk disiplin yang keras saat Mino melakukan Confuse Run, Fire Axe Throw, serta Stampede.

Hindari Fire Axe Throw dengan berjalan mundur dan pola melingkar agar tidak makan space dan mengganggu party. Terutama saat last bar dimana platform aman semakin sempit >.<

INGAT POSISI BUBBLE, Jaga jarak aman, Disiplin menghindari skill, and Success will be yours :)


Alright,,, sekian guide BDM 1 saya buat sebagai sharing pengalaman selama berpetualang disana... semoga bermanfaat dan bisa membantu teman - teman semua untuk clear BDM 1 no die...

Feel free to comment and ask ...

Mohon masukannya juga apabila menurut para sesepuh yang membaca, posting ini ada kekurangan atau ada yang kurang tepat.

Visit Gestapo Guild Facebook Group juga disini untuk melihat update dan serunya guild kami


Well,,, see ya and Happy Dragon Nest ^_^V








Comments

Most Viewed Post

Lv.93 Black Mara PVE Build By MOTZ GAMING

Dragon Nest - Leveling Spot and Guide Lv 1-70

Elemental Converter Jade