Black Dragon Memoria 2 (BDM 2) Guide


Selamat malam...

Setelah beberapa hari mengetik dan mengambil SS di Black Dragon Memoria 2  (kita singkat BDM 2 saja ya) Akhirnya guide BDM 2 selesai juga...


Tentunya sudah banyak guide BDN yang lebih baik dan lebih dulu dibuat sebelum guide ini selesai... Guide ini sekedar sharing pengalaman saya, setelah 2 minggu ini berkelana di BDM 1-3.


Saya sendiri baru bisa clear BDM 2 no die setelah 1 minggu keluar masuk BDM :V

BDM 1 sampai 3 hari, dan BDM 2 juga 3 hari baru bisa clear no die.

Namun kabar gembira untuk kita semua, setelah patch minggu lalu, BDM bisa ress unlimited, tentunya bisa memudahkan kita semua untuk belajar dan clear stage.


BDM 2 terdiri dari 2 bos, yaitu punisher dan ice golem, Keduanya memiliki mekanik yang membutuhkan kerjasama, konsentrasi, dan tentunya otot yang kuat untuk menghajar mereka semua >.<


Alright,, here we go...




Black Ring Punisher Meluka

Memasuki BDM 2, bos pertama yang akan kita hadapi adalah Black Ring Punisher Meluka, supaya saya ngetiknya tidak panjang - panjang, kita singkat punisher saja ya :)

Kunci untuk sukses dari stage ini adalah Konsentrasi dan Saling pengertian dalam tim (ciyee saling pengertian)...

Oke langsung aja..

Skill yang Perlu Diperhatikan:

  1. Triple slash. Punisher mengayunkan pedangnya 3x ke arah depan. Untuk menghindari, amannya kita dodge ke kanan layar (kiri punisher),
  2. Chain attack. Punisher melemparkan rantai yang menarik target ke depan punisher, kemudian melakukan slash berkali - kali ke depan. Untuk menghindari, tetap tenang saat di agro dan lakukan tumble persis disaat punisher melemparkan rantainya.
  3. 4x Jump Strike. Punisher ngeden dengan aura hitam dan melakukan jump strike 4x dengan target random. Untuk menghindarinya cukup dengan berada di bawah punisher saat lompat, atau perhatikan arah jum[ strike dan bersiap melakukan tumble.
  4. Tornado. Berputar sambil menyedot player kedalam pusaran tornado! Skill ini dikeluarkan setiap setelah tembakan cannon, dan saat bar X2 dan Last Bar. Untuk menghindarinya, selalu jaga jarak setelah tembakan cannon. Pada bar X2 - Last bar, jaga jarak selama punisher belum mengeluarkan tornado, gunakan skill jarak jauh atau yang bisa dicancel sambil menunggu punisher cast tornado.
  5. Stomp. Punisher mengangkat kedua tangannya sambil mengeluarkan suara seperti gorila, kemudian melakukan stomp dengan damage yang memberikan penyesalan yang mendalam apabila tidak di dodge.
  6. Berserk. Muncul saat HP bar X2 dan X1 (last bar). Punisher melakukan berserk, ditandai dengan aura merah diatas kepala. Damage meningkat 300%.
  7. Tracing Explosion. Hanya muncul saat HP last bar. Punisher menancapkan pedangnya ke tanah dan mengeluarkan aura ungu. Kemudian punisher menembakkan bola hitam ke seluruh player. Bola akan meledak bila menyentuh Player atau Summon. Ledakan akan membentuk lingkaran yang memberikan continous damage dan buff anti heal. Untuk menghindarinya, cukup dengan bersama2 mendekati punisher saat casting, kemudian tumble menjauh setelah bola hitam meledak. Atau bisa juga dengan berdiri di belakang summon atau player yang lain.

Mekanik Stage dan Strategi Party:

HP Bar X4 - X3

Map pada bar ini terdiri dari 1 cannon, 1 portal ke map berikutnya, dan 4 tempat spawn wisp.

Mekanik yang terjadi: Kill 4 wisp > Arahkan punisher di tengah > Punisher tertembak cannon. Ulang mekanik tersebut hingga punisher tertembak sebanyak 3x.

Punisher akan mengganggu player dengan skill skill annoyingnya selama fase menghancurkan wisp. Apabila gagal menghancurkan salah 1 wisp, makan setiap player akan mendapatkan 80% damage + debuff anti heal.

Key 1. Bagi - bagi tugas untuk menghancurkan wisp.
Saran saya, bagi tanggungjawab untuk menghancurkan wisp.
Anggaplah map sebagai jam analog dengan cannon adalah jam 6. Portal berganti map adalah jam 12. sehingga wisp akan spawn di jam 7, 11, 2, dan 5.


Anggap cannon adalah jam 6, makan di kiri cannon ada wisp yang spawn di jam 7 dan 11. di kanan cannon ada wisp yang spawn di jam 5 dan 2 (wisp jam 2 terhalang oleh cannon)
Dari sudut pandang yang lain. Wisp jam 11 tertutup wisp jam 7. Wisp jam 5 tertutup cannon.

Apabila dibagi menjadi 1 player 1 wisp, maka kita harus mengcover 1 wisp dari player yang di agro, karena ada kemungkinan player yang di agro mengalami knockback dan tidak bisa kill wisp.


Bisa juga dibagi menjadi 3 player menghancurkan wisp, dan 1 player sebagai agro. Fujinorth heraldy - Laser blackhole dapat digunakan untuk mengatur agro. Berikan DPS tanggungjawab untuk menghancurkan 2 wisp apabila ada 1 player yang menjadi agro. Namun tetap berhati - hati karena agro punisher sering berubah - ubah, sedangkan Laser Blackhole CD nya lama.


Key 2. Setelah 4 wisp dihancurkan, cannon akan menembakkan laser dengan area garis lurus dari jam 6 ke jam 12. Player yang di agro segera arahkan punisher ke garis ini.


Arah garis tembakan, dan saat cannon menembakkan laser. Arahkan punisher agar berada di garis tengah

Key 3. Setiap selesai mekanik tembakan cannon (baik tepat sasaran ataupun gagal), punisher akan cast tornado. Setelah 2x tembakan cannon sukses, setelah cast tornado akan diikuti stomp.


Tanda punisher akan melakukan stomp. Kedua tangan diangkat ke atas dan mengeluarkan suara seperti gorila, lol.
Siap-siap Jump !!

Key 4. Setelah 3x tembakan cannon sukses maka portal di jam 12 akan terbuka, segera pindah map!

Phase 1 done :)


HP Bar X3 - X2

Saat berpindah map, punisher akan spawn. Segera habiskan HP bar punisher. Saat ini punisher belum mulai cast berserk dan tornado, sehingga hanya stomp yang perlu diperhatikan, itupun jika hp anda pas-pas an, jika hp diatas 1jt, lupakan stomp dan full hit punisher :V

Mekanik shadow terjadi saat Punisher berganti bar X3 ke X2.

Punisher mengeluarkan rantai yang mengikat seluruh player (segera lepaskan dengan AD AD)
Kemudian muncul portal di tengah map untuk kembali ke map pertama (saat bermain cannon)

Setelah portal tertutup, akan muncul Punisher's shadow di map 1 dan 2. Punisher's shadow harus segera di kill, namun dengan perbedaan waktu < 5 detik.


Party Leader harus menentukan siapa yang stay di map 2, siapa yang masuk portal map 1. pertimbangkan damagenya, usahakan seimbang antara yang di map 1 dan map 2.
Kemudian segera hajar shadow, namun sisakan HP 20% sambil menunggu shadow yang 1 lagi sekarat. Setelah kedua HP punisher 20% segera kill secara bersamaan.

Seringkali shadow cast stomp setelah spawn di map. Be careful and Good Luck :)


Terikat rantai, segera AD AD. Saya dan LF bertugas untuk masuk ke portal. Segera masuk sebelum portal tertutup!

HP Bar X2 - X1 (Last Bar)

Saat bar X2, punisher mulai cast tornado dan berserk.

Kuncinya adalah konsentrasi. Tunggu punisher cast tornado, baru lakukan full attack pada punisher. Gunakan serangan jarak jauh, atau serangan yang bisa di cancel sambil menunggu tornado di cast.

Apabila Punisher cast berserk, Segera di cancel !

FYI, ada 4 class yang bisa cancel berserk, yaitu keturunan mercenary (BB dan Destro) dan keturunan Engineer (GM dan SS).

Sambil menunggu berserk di cancel, perhatikan serangan punisher, pastikan anda dodge semua serangan punisher saat berserk. Jangan gunakan skill yang animasinya dapat mengganggu pengamatan skill Punisher.


Fokus dengan 2 hal tersebut, sampai Punisher berganti bar, mekanik shadow akan terjadi kembali. Ingat formasi siapa yang stay dan siapa yang masuk portal.



HP Bar X1 (Last Bar)

Last bar sama dengan X2 dengan tambahan 1 skill baru.

Tetap konsentrasi menunggu tornado dan berhati - hati saat berserk.

Skill baru yang muncul pada last bar adalah Tracing Explosion. Punisher menancapkan pedangnya ke tanah dan mengeluarkan aura ungu. Kemudian punisher menembakkan bola hitam ke seluruh player. Bola akan meledak bila menyentuh Player atau Summon. Ledakan akan membentuk lingkaran yang memberikan continous damage dan buff anti heal.

Untuk menghindarinya, cukup dengan bersama2 mendekati punisher saat casting, kemudian tumble menjauh setelah bola hitam meledak. Atau bisa juga dengan berdiri di belakang summon atau player yang lain.



LF dan WW berdiri di belakang destro. Saat ada bunyi ledakan, destro harus segera tumble menjauh. LF dan WW cukup melihat apakah destro sukses tumble menjauh atau tidak, haha.

That's all about punisher, GL HF :)



Chiliarch Titanion

Bos kedua di BDM 2 berbentuk golem yang mengesalkan. Memiliki mekanik yang unik, serta debuff anti heal yang seringkali membuat player gagal untuk run no die.

Kunci untuk sukses di stage ini adalah konsentrasi serta damage++ ;p


Skill yang Perlu Diperhatikan :

  1. Stomp. Stomp memberikan debuff anti heal. Tanda akan stomp adalah kedua tangan diangkat ke atas. Bersiap Jump !
  2. Ice Ball. Golem melemparkan bola es kepada salah 1 player. setelah mencapai tanah, bola es akan menjadi pecahan es ke 4 arah, bola dan pecahannya memberikan efek beku. Damage tidak besar, namun menjadi petaka bila kita beku saat golem cast stomp.
  3. Frozen spike. Golem menyemburkan frozen spike ke arah depan yang ditandai dengan posisi golem menunduk dan terdapat aura biru di kepalanya. Dodge ke samping. Damage medium, dengan efek slow.
  4. Tornado. Tangan golem akan melambai - lambai seperti DJ, menyedot player ke tengah kemudian mengeluarkan tornado. Untuk menghindarinya cukup melawan arah saat disedot ke tengah.
  5. Bola hitam. Golem akan knockdown semua player ke pinggir, kemudian mengeluarkan bola hitam di tengah map. Bola hitam cukup disentuh oleh player. Bola hitam memberikan mark pada player yang telah menyentuhnya. Player yang menyentuk bolah hitam untuk kedua kalinya (sudah memiliki mark dari bola hitam pertama) akan auto die. Apabila bola hitam gagal disentuh, bola hitam akan terbang ke golem dan memberikan mark ke semua player, tentunya player yang sudah memiliki mark akan auto die bila bola tidak disentuh.
  6. Triple stomp. Golem akan cast stomp 3x, tandanya adalah tangan mengepal ke bawah. Bersiap untuk 3x Jump. Stomp ke 3 memberikan debuff anti heal.
  7. Berserk. Sama seperti punisher. Mulai di cast saat bar X2. Damage meningkat 300%.
  8. Cold Energy. Golem akan memberikan tanda biru di lantai yang kemudian memberikan damage yang besar. Untuk menghindarinya, arahkan partu untuk berkumpul di 1 sisi (kanan atau kiri) kemudian berlari ke sisi lawannya setelah lantai diberikan tanda biru untuk mencari lantai yang aman.

Mekanik Stage dan Strategi Party :

Sebelum memulai pertarungan, Party Leader terlebih dahulu mementukan urutan untuk menyentuh bola hitam, agar tidak repot mengetik saat mekanik terjadi.


HP Bar X4 - X3

imho, di awal stage hanya ice ball dan stomp yang perlu diberikan perhatian khusus. Skill yang lain tidak memberikan damage yang berarti (apalagi bila di dalam aura tapa LF).

Party berkumpul di salah 1 sisi agar buff dan damage maksimal.

Berpencar saat golem melemparkan ice ball. Cure apabila ada yang beku.
Gunakan skill yang bisa di cancel selama golem belum cast stomp.

Jangan lupa untuk melihat ke tengah map setiap knockback ke pinggir. Ingat - ingat urutan menyentuh bola hitam.


Knockback! mekanik bola hitam. Giliran saya untuk menabrakkan diri, segera lari ke tengah!
Sudah sampai tengah, tunggu di depan bola hitam. Bola akan mendekat dan menabrak. Party safe.

Saat berganti bar ke X3 (juga terjadi saat berganti bar ke X2 dan Last Bar)

Golem akan mengeumpulkan player di 1 sisi dengan keadaan membeku (segera lepaskan diri dengan AD AD) kemudian summon barikade es. Golem akan menembakkan laser yang mengejar player dan membunuh player apabila terlalu lambat menghancurkan barikade es.
Barikade es bisa diberikan debuff.


Setelah AD AD dan terlepas dari beku, segera hancurkan barikade es dan menuju sisi yang aman!
Segera hancurkan barikade es dan berlari ke sisi yang berlawanan. Saat sudah sampai spot aman, segera rebuff dan keluarkan semua skill yang ada, karena moment ini merupakan moment untuk KOS yang sangat penting.


Sudah sampai spot aman, namun golem masih mengeluarkan laser saat mekanik barikade es.
Serang tanpa ampun. Usahakan habiskan 1 bar.

Saat mekanik barikade es ini, party dengan damage yang fantastis memiliki keuntungan yang besar. Karena dapat menuju mekanik barikade es berikutnya (saat bar X3 berganti X2) tanpa harus melalui serangan - serangan golem yang berbahaya.


HP Bar X3 - X2


Sama seperti sebelumnya, namun golem memiliki 1 tambahan skill, yaitu Triple Stomp.

Apabila party gagal menghabiskan 1 bar HP saat barikade es, fokus kembali untuk dodge skill - skill berbahaya.

Selalu gunakan skill yang bisa dicancel selama golem belum mengeluarkan stomp.
Tanda golem akan melakukan triple stomp adalah golem mengepalkan tangannya kearah bawah depan.


Tangan mengepal kebawah. Tanda triple stomp !

Saat bar X3 berganti ke X2, mekanik barikade es berulang kembali


HP Bar X2 - Last Bar

Mekanik masih sama, namun terdapat 2 skill tambahan. Yaitu berserk dan cold energy.
Seperti biasa, segera cancel berserk golem.
Untuk menghindari cold energy, usahakan party untuk berkumpul di 1 sisi. Setelah tanah ditandai dengan aura biru, segera lari ke sisi yang berlawanan untuk mencari tanah yang aman.

Saat HP bar X2 berganti ke Last bar, mekanik barikade es terjadi kembali


HP Last Bar

Sama seperti sebelumnya, namun barikade es akan dilakukan berulang - ulang selama golem belum mati.

Jangan lupa mekanik bola hitam yang terjadi sekitar 1 menit sekali, serta urutannya ya...


GL HF ~



Sekian guide BDM 2 dari saya, semoga bisa mencerahkan dan membantu teman teman untuk bisa melewati BDM 2 No die...


Walaupun saat ini BDM bisa ress tak terhingga, namun tentu tujuan kita semua adalah bisa clear BDN yang hanya bisa ress 1x, itupun harus menggunakan ressurection apple juice, hehe...


Well...



See you and Happy Dragon Nest !!

Comments

Most Viewed Post

Lv.93 Black Mara PVE Build By MOTZ GAMING

Dragon Nest - Leveling Spot and Guide Lv 1-70

Elemental Converter Jade