Lv80 Dark Avenger Build by AeonSwords

Sore semuanya ~
Kali ini saya akan sharing build Dark Avenger, Dark Avenger merupakan job yang sangat menarik karena perpaduan antara mercenary dan swordsman yang ditambahkan API dan KEREN, haha..

Build ini saya buat setelah melihat beberapa build sebelumnya, kemudian saya modifikasi sesuai dengan play style yang saya suka.... Oiya, ini build PVE ya ~

Beberapa mungkin memiliki play style yang berbeda serta pendapat yang berbeda, silahkan diskusi, berikan saran dan masukannya via comment atau grup FB guild Gestapo (link disini)



Well, sebelum kita mulai, saya ingin menyampaikan sesuatu...

"Ganti Job Dark Avenger Lv.50 !! di SH !! Sama NPC Master Warrior Rodrigo !!!"


tolong disebarkan ya,, lelah saya baca pertanyaan "Ganti job DA dimana?" di chat guild, wkwkw :v
pesan ini sangat penting, karena saat Lv.45 saya juga mengajukan pertanyaan yang sama di chat guild, wkwkw :v


Mulai dari Skill Build ya...
Skill Build saya bagi menjadi 2 bagian...

Core Skill Build (Skill inti yang menurut saya harus dimiliki)

Final Skill Build (Skill build yang saya gunakan)

cekidot ~

1. Core Skill Build


Warrior Skill



Lv.Max Tumble karena ini skill paling penting untuk dodge dan cancel skill.
Lv.Max Surpise attack
Lv.Max Dash - Faster is better
Lv.Max Aerial Evasion
Lv.Max Brush off - semakin cepat CD semakin bagus ~
Lv.Max Lifesaver
Lv.Max Health Booster

Karena skill point belum mencapai 45,
Lv.6 Destructive Swing - Ada iFrame yang bisa bermanfaat sewaktu - waktu
Lv.1 Mental fortitude dan Lv.5 Attuned Mind - Biar jadi 45 aja skill pointnya

Avenger Skill



Graves
Simply seperti triple slash milik Swordsman, sementara Lv.1 karena casting time lumayan lama, dalam keadaan transform Dark Avenger, diupgrade menjadi ada charge attack bila menahan normal attack pada serangan ketiga yang menambah damage (namun juga menambah lama casting time)

Dark Stinger
Menusuk pedang 2x kedepan. Sementara juga Lv.1 karena damage tidak begitu tinggi, casting time juga lambat

Crescent Piercer
Lv.Max, menembakkan 3 fire crescent yang masing - masing memberikan 6 hit, sangat bagus untuk mencari critical damage untuk menambah force. Ini juga skill yang dapat di spam saat transform Dark Avenger. Saat Transform Dark Avenger skill ini dapat digunakan 3x berturut - turut, 9x Crescent di udara, 54 hit, wow !!!
9x crescent diudara bisa membuat kita dodge triple stomp golem - golem kamfret di Raid Nest dengan sangat aman ;p

Doom Blade
Lv.Max, High Damage, Banyak hit. saat keadaan biasa casting time terlalu lama. Namun saat transform Dark Avenger, casting time menjadi singkat.

Vengence Storm
Sama seperti Doom Blade, memberikan banyak hit + High damage. casting time saat keadaan biasa juga terlalu lama, namun menjadi sangat singkat saat transform Dark Avenger.

Death Kneel
Our ulti. Max this.

Avenger Force
Lv.Max. 10 Force, 28% Damage Increase, 32% mvspd dan action speed decrease. OP !!

Shadow Call
Lv.Max. 32% fire attack untuk party, skill wajib.

Step Blade
Lv.1. Teleport langsung ke target yang terkena hit. Nice to get one ~

Soul Cutter
Lv.Max. 28% decreasing fire attribute resistance. Skill wajib spam. Bisa sampai 5 hit, namun akan terlalu lama castingnya bila semua hit dikeluarkan. Skill yang harus di spam, namun harus bijak menentukan berapa hit yang akan dikeluarkan, dalam keadaan tertentu, langsung saja gunakan special attack button di hit ke 2.

Dark Ariser
Lv.1. Skill ini sementara masih Lv.1 karena penggunaannya hanya efektif saat transform Dark Avenger (casting time cepat dan membuat karakter terbang ke udara). Dalam keadaan biasa, casting time terlalu lama.

Dark Suffering
Lv.1. Skill seperti Flash Stance punya LK. Sangat baik untuk membersihkan mob saat daily. Namun cukup berbahaya digunakan di Nest dan Raid Nest karena butuh waktu lumayan lama untuk meng-cancel skill ini.

Dash Combo
Lv.1. Nice to have

Dark Mastery
Lv.Max. Skill wajib Dark Avenger

Recovery
Lv.1. Saya masih bingung dengan skill ini. Menaikkan Level hanya menambah durasi, sedangkan CD skill tidak ada. Dengan Lv.1 pun, skill ini akan selalu aktif kembali saat kita terkena hit. So, Lv.1 sudah cukup.

Aerial Blade
Lv.1. Ambil aja, siapa tau saat terbang nanti kita harus cepet - cepet turun~

Counter Slash
Lv.1. Ambil aja daripada jadi skill yang warnanya abu- abu sendiri :v

Dark Avenger Skill



Semua skill Lv.Max.

Namun saya akan memberikan pendapat saya terhadap skill - skill yang harus dipilih salah satu.
Sebenarnya kedua pilihan tersebut tidak ada yang lebih baik dan yang lebih buruk, keduanya sama- sama bagus, hanya saja karena dipaksa memilih, pilihlah yang sesuai dengan playing style anda~

Damage Reduce vs. HP Up
Dalam konteks menghadapi serangan monster low damage, keduanya sama saja.
Namun dalam menghadapi serangan high damage (seperti stomp, dll yang berpotensi 1 hit die), saya prefer Hp Up. 20% Hp lebih baik dalam menahan serangan yang berpotensi 1 hit die daripada 10% damage reduce.


FD Up vs. Fire Up
FD Up akan meningkatkan semua serangan kita sebanyak 10% (baik yang elemen api maupun bukan). 10% nya additive ya. Jadi jika FD awal 10%, akan jadi 20% (bukan 11%)
Fire Up akan meningkatkan serangan ber-elemen api sebanyak 15%.

Saya prefer Fire Up karena skill Dark Avenger yang akan sering di spam ber-elemen api, jadi saya pilih 15% daripada 10%.


Aerial Damager vs. Critical Damager
+10% aerial skill damage, efeknya meningkatkan skill yang digunakan diudara (Crescent piercer, Death Kneel, Dark Crash), namun sayangnya skill yang berdamage besar (Doom Blade dan Vengence Storm) digunakannya bukan di udara ;p

+5% critical damage, berefek ke semua skill yang hit nya critical.

Saya prefer ke Aerial Damager,
1. Jelas nambah damage 10%, dibandingkan critical damager yang hanya berefek pada serangan crit yang belum tentu muncul (apalagi bos - bos raid nest critical resistnya besar)
2. Sudah cukup saya di PHP in Gold Rabbit, masa masih harus di PHP in crit damage yang gak muncul - muncul ~_~


Dark Avenger Ex (A) vs. Dark Avenger Ex (B)
A menambah crit rate 15%, B menambah crit rate 5% dan menjadikan CD Dark Avenger 5 detik
Tentu saja saya prefer ke B, crit rate beda 10% bisa didapat dari yang lain (Equipment, Dragon Jewel, Heraldy 3rd crit, buff party) sedangkan mengurangi CD Dark Avenger menjadi 5 detik cuma bisa dari skill B.

Selain itu, untuk Nest dan Raid nest, kita akan sangat bergantung dengan Dark Avenger, karena dalam keadaan biasa Doom Blade, Vengence Storm, Dark Ariser yang menjadi skill andalan casting time nya sangat lama, bisa berujung terkena stomp, disembur naga, hingga ditiban cacing bila timing penggunaan kurang tepat. Lain cerita kalo sedang transform Dark Avenger, casting time 3 skill tersebut hampir instant, So, semakin sering kita bisa transform Dark Avenger, semakin baik :)


---------------------------------------------------

Well, yang diatas tadi pendapat saya terkait core skill dari Dark Avenger. Dengan skill build diatas, teman - teman masih memiliki sisa 27 skill point yang bisa dialokasikan ke skill lainnya sesuai dengan gameplay yang teman - teman suka.


Let's move to next chapter, final skill build.


2. Final Skill Build


Warrior Skill



Sebenarnya ga ada niatan untuk menaikkan skill warrior, namun karena skill Dark Avenger sudah max semua, skill Avenger juga sudah 133/133 dan tidak dapat dinaikkan lagi, sisa 2 skill point saya tambahkan ke Mental Fortitude dan Attuned Mind


Avenger Skill



Dark Ariser saya naikkan hingga Lv.Max. Casting time skill ini hampir instant saat transform Dark Avenger, juga membuat karakter terbang di udara sehingga bisa langsung dicombo dengan Crescent Piercer atau Dark Crash.

Gaves saya naikkan hingga Lv.6.

Dark Stinger saya naikkan hingga Lv.13 (niatnya sampe Lv.11, tapi karena masih ada 2 sisa point untuk skill Avenger, sekalian sampe 13 aja deh).

Saya lebih prefer Dark Stinger daripada Graves karena dalam keadaan normal damage Dark Sringer lebih besar dari Graves pada Lv. yang sama. Saat Transform Dark Avenger, Graves memiliki charging 3rd hit, damage lebih besar namun menambah casting time lagi. Well, casting time lama ujung - ujung nya hit jarang keluar karena sering di cancel untuk dodge serangan bos

Dark Avenger Skill

No changes, sudah max semua sejak pembahasan core skill~



3. Equipment and Heraldy

Fokus build Dark Avenger diarahkan ke Fire Attack, STR, Critical Rate, Attack Power, HP dan Vit (Juga FD bagi yang mampu)

Saran saya, Fokus ke Fire Attack dulu, kemudian kejar crit rate karena crit rate sangat penting baik untuk damage output maupun pengumpulan force untuk skill Dark Avenger.
Crit rate baiknya diatas 60%, bisa dicari lewat Skill Ring / Menukar Life vit Jewel dengan Wind Jewel / Heraldy 3rd crit, dll. Tapi kalo bisa jangan sampe mengganti Fire Jewel dengan Critical Jewel karena kekurangan crit rate ya >.<

Setelah crit rate tercapai 60% (lebih tinggi lebih bagus tentunya), baru mikir damage (More STR / Attack power) dan Survival (More Vit, more Deff)

Kenapa Crit rate jadi lebih penting dari Damage?
1. Crit = 200% damage atau lebih
2. Crit = Force... Force = Berubah jadi Dark Avenger... Berubah = Damage

Jadi sebenernya untuk Dark Avenger, crit rate = damage, hanya saja harus didahulukan karena tanpa transform ke Dark Avenger, skill - skill casting time nya so looong~



Next...

Untuk equipment, tentunya disesuaikan dengan ketebalan dompet~

Sementara di Lv.80 sudah diberikan satelite set +8 gratisan yang menurut saya pribadi sih sudah cukup bagus.

Asteroid set memiliki set bonus yang beti (beda tipis) namun lebih bagus. Well, untuk mengganti Asteroid set, kalau dompet memadai sebaiknya dilakukan, tapi ya itu tadi, beti ;p

Menggunakan Black Dragon L Set bisa dipertimbangkan bila dana nya kuat. Mencari achivment 35k bisa memakan waktu berminggu - minggu, namun jasa GB scale juga banyak saat ini. Sambil berdoa kedepannya ada update yang membuat penghapusan key dan ress limit BDN HC ~

ACC, bisa menggunakan Skill ACC, Full Moon, atau BDN L acc.

Jika menggunakan Skill ACC:
Necklace "Doom Blade" High STR (bisa juga ambil Dark Avenger)
Earring "Vengence Storm" High STR (bisa juga Crescent Piercer)
Ring Crit+All element Attack "Dark Crash / Shadow Call") Dark Crash diganti Avenger Force atau Soul Cutter juga boleh



Next...

Heraldy Enhancement bisa gunakan:
Destruction
Bear
Wind
Fatal
Life Vitality
Healthy
Shinng
Ultimate (kalau kemahalan bisa pasang Tent)

Ada Heraldy Expansion, bisa tambah Tent / Heraldy 3rd yang menunjang stats yang kurang (Crit / Attack Power / FD)

Untuk Skill Heraldy
Avenger Force (CD) - OP Skill, semakin cepet keluar semakin bagus
Shadow Call (CD) - 32% (36 jika pakai skill) Fire attack, durasi 30 detik, CD 40 detik, Dengan Skill Heraldy CD bisa hampir permanen buff nya
Doom Blade (Damage)
Vengence Storm (Damage)


Q: Doom Blade sama Vengence Storm ga action speed aja? kan lama casting timenya pas keadaan normal?
A: Berubah jadi Dark Avenger aja, casting time jadi cepet semua, masalah selesai ;p



Well, that's it....
semoga bermanfaat, silahkan comment apabila ada masukan / sarannya...
Boleh juga gabung grup FB gestapo klik disini , untuk diskusi lebih lanjut...


Selamat berjuang untuk yang masih leveling... SEE YOU !!!!







Comments

  1. Replies
    1. Menurut saya, kalau hanya ada 4 slot skill heraldy, yang digunakan baiknya seperti yang diatas... Dark Crash punya damage yang tinggi, namun casting timenya sangat lama, padahal pada nest tersulit saat ini (VN dan BDN) Boss monster memiliki mobilitas yang tinggi, juga damage yang tinggi.... sehingga skill Dark Crash punya kelemahan karena tanpa timing yang tepat seringkali monster keburu berpindah posisi, bahkan bisa - bisa telat dodge serangan karena keasikan casting sambil terbang...

      sepengalaman saya memainkan DA. Avenger Force, Shadow Call, Doom Blade, Vengence storm selalu saya keluarkan setiap CD selesai... sedangkan Dark Crash tidak saya spam setiap CD selesai, Dark Crash hanya saya gunakan saat timingnya tepat,,, timing saat saya yakin bos tidak akan lari jauh, juga posisi casting di udara aman dari serangan yang mematikan... So, saya prefer memasangkan heraldy skill yang lebih sering digunakan, daripada yang harus menunggu timing tepat baru digunakan..

      Namun, di item mall ada item untuk menambah 3 buah slot heraldy yang dapat kita manfaatkan... Kalau pakai heraldy slot expansion, 3 slot lg bisa juga dipasangkan tambahan Skill heraldy atau Heraldu enhancement yang lain, seperti Dark Crash, Death Kneel, Crescent piercer, atau soul cutter (CD) agar bisa lebih sering memanfaatkan efek fire resistnya. bisa juga dimanfaatkan untuk heraldy enhancement dengan 3rd stats Attack Power, Crit, atau FD

      Delete
    2. kk itu shadow call nya durasi ato cooldown

      Delete
  2. Banyak nih yang mau ane tanyain bang...
    1. Berapa % minimal Element Firenya ?
    2. Apa gak bisa fokus agi ketimbang str ? Dari pengalaman fokus agi bisa bikin crit rate max... 80%++
    3. Gimana cara Full Up Fire nya si DA ? Denger-denger kabar sih katanya ada yang bilang minimal Fire Att nya 60% + 40% dari buff biar 100%. sedangkan cari 50 aja kayaknya susah bener. Mau pakai twisted dompet ane mah bakalan jebol.
    4. Build skill gak jauh" amat, plate skill juga sama lah ( Cie satu Pikiran ya^^ ). Tapi ada yang aneh, build giini gak enak banget buat PvP, apalagi Ladder... Sumpah bang, ladder baru sekali ane menang. Ada solusinya gak ?
    5. Kebanyakan nanya ya ?
    6. Mohon poin 2 dan 3 dicarikan solusinya ya bang^^
    7. Poin 4, 5, 6 dan 7 abaikan aja bang juga gak masalah^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. yang namanya stats, ga ada yang namanya minimal berapa... adanya: "SEMAKIN BESAR SEMAKIN BAGUS" tergantung berapa banyak uang di dompet yang mau anda keluarkan...

      Minimal itu ada kalo misal" Mau masuk VN minimal stats gmn? nah, itu baru ada, biasanya HP 1jt sudah aman, attack power dan element attack? semakin besar semakin bagus...

      2. Bisa juga... 1 AGI menambahkan 0.25 attack power dan crit rate,,, 1 STR menambahkan 0.5 attack power dan crit damage. Saran saya, seperti yang sudah ada diatas, kejar Fire Attack sebesar mungkin, kemudian kejar crit rate sampai setidaknya 60%, baru kejar attack power...,, crit rate 80% menurut saya berlebihan, apalagi dengan berubah menjadi Dark Avenger, crit rate akan meningkat, apabila bermain party, juga ada buff crit dari teman,,,, So, bisa saja fokus agi apabila crit rate masih rendah,,, kemudian fokus STR apabila target crit rate sudah tercapai... menurut saya 60% sudah cukup,, ada baiknya kejar ke damage daripada menaikkan crit rate hingga max...

      3. Dari equip: bisa gunakan ring dengan stats fire attack.
      Jewel: Gunakan fire jewel di kedua weapon dan kedua ring.
      Kostum weapon: golden dan velskud costume weapon memiliki element attack.
      Costume ring: mysterious cat eye atau rare costume ring memiliki elelemt attack.
      Title: Banyak title yang memberikan fire attack
      berapa minimal? sekali lagi jawaban untuk semua pertanyaan minimal: SEMAKIN TINGGI SEMAKIN BAIK

      4. Skill build diatas saya buat memang untuk PVE. kalau dibaca secara jeli, di bagian pendahuluan ada kok tulisan bahwa build ini untuk PVE. Untuk PVP kekurangan DA adalah saat dalam keadaan normal, skill2 andalah castingnya terlalu lama,, yang ada keburu di knockdown musuh... saran saya cari aman dulu, dan mulai agresif apabila sudah berubah menjadi Dark Avenger.

      5. Iya, gpp...

      6. Iyoooo...

      7. udah terlanjur >.<

      Delete
    2. hahaha sankyu bang^^
      dan ternyata, DA sangat susah buat gabung party orang" T-T
      tapi karena itu ane jadi tambah semangat bang, hahahha... Mari kita reset skill dan membuktikan bahwa DA merupakan DPH yang sakit dengan cara JUAL MOTOR for BUILD FD ^0^
      satu lagi deh, kalau ada tips lagi buat build maupun tips buat DA mohon diposting ya bang, hehehe

      Delete
  3. Siang, maaf kesiangan nanya kk. Untuk kombinasi Dragon Jade/Jewel DA lv 80 bagusnya pakai kombinasi apa ya? Dan utk Jade 3 stats bagusnya memilih stats apa untuk stats ke-3? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jade main str ma vit kalo saya.. selebihnya stack crit.. minimal 60%..
      str wajib max kalo saya pribadi.. str tinggi = crit dmg tinggi.. kekurangan di crit chance.. jd stack agi/crit utk chance crit nya.. kalo kuat budget cari 3rd plate crit.. jd gak menganggu jade di armor atau pun di bagian lain..

      Delete
  4. setau saya utk elemen atk itu max di 100%.. jd kalo elemen atk over 100% ttp dianggap 100% saja..
    jd bila stack fire elemen di semua bagian utk solo hunt gak ada masalah.. tp dlm party yg biasanya ada cleric class.. itu fire atk pasti kan over 100%..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elemen bukan max 100%... tapi max +100% dari buff.....
      Jadi, kalo base element attack di kota 10%,,, di nest max bisa jadi 10+100% (110%)....
      Kalau di kota 40%, di Nest max bisa di buff +100%, jadi bisa 140%...

      Jadi, saya prefer naikin element attack, baik main solo maupun party ~

      Delete
  5. Dark Avenger dipakein NEST solo . Cepet refleknya , lebih ringan & damage'nya yuhu bingit. GGWP deh ,

    ReplyDelete
  6. Dark Avenger dipakein NEST solo . Cepet refleknya , lebih ringan & damage'nya yuhu bingit. GGWP deh ,

    ReplyDelete
  7. untuk skill jade dark avenger menggunakan apa saja dari armor sampai weapon?

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Viewed Post

Lv.93 Black Mara PVE Build By MOTZ GAMING

Dragon Nest - Leveling Spot and Guide Lv 1-70

Elemental Converter Jade